Tujuan Sosialisasi Politik Beserta Fungsi Dan Maknanya

Tujuan Sosialisasi Politik

Tujuan Sosialisasi Politik – Mendekati pilkada yang akan diadakan beberapa saat lagi , tentunya kita sering mendengar sosialisasi politik dari para tokoh politik yang ada di Indonesia.

Tidak hanya orang dewasa saja , anak anak yang masih duduk di bangku sekolah juga sudah dikenalkan dengan sosialisasi politik. Namun ada saja beberapa orang yang masih belum mengetahui apa dan pentingnya sosialisasi politik tersebut.

Sebelum membahas tentang apa tujuan dari sosialisasi politik , ada baiknya kita mengetahui makna dan fungsi dari tujuan sosialisasi politi tersebut. Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini

Makna Sosialiasi Politik

Sosialisasi politik adalah sesuatu yang bisa dilihat sebagai sebuah lanjutan dari situs slot online pengetahuan yang berisi tentang nilai-nilai politik. Dengan adanya sosialisasi politik ini diharapkan masyarakat bisa mendapatkan ilmu dan keterampilan yang nantinya akan menjadi petunjuk peran dalam politik.

Sosialisasi politik juga bisa membuat kita belajar hal yang berkaitan dengan kepentingan pribadinya ataupun kepentingan orang lain. Oleh karena itu kita nantinya bisa mengetahui perkembangan politik yang luas yang berkaitan dengan gejala politik dan masalah-masalah politik yang ada di sebuah masyarakat.

Berikut adalah point point penting dari makna sosialisasi politik.

  • Proses hasil belajar dari pengalaman yang ada.
  • Sosialisasi tidak dibatasi usia
  • Prakondisi yang dibutuhkan bagi aktivitas sosial
  • Dapat dilakukan diberbagai tempat , mulai dari lingkungan keluarga , sekolah , media sosial ataupun dalam lingkungan partai politik.

Fungsi Sosialisasi Politik

Setelah mengetahui makna makna penting dari sosialisai politik , selanjutnya kami akan memberitahukan kepada kalian fungsi dari sosialisasi politik itu sendiri.

  • Mampu belajar dan menghormati norma norma yang ada dalam suatu tempat.
  • Bisa mengenal masyarakat lebih luas.
  • Mengetahui peran masing masing dari setiap masyarakat.
  • Mengembangkan kemampuan sesuai dengan peran dan juga status sosial.

Tujuan Sosialisasi Politik

Menurut Richad E. Dawson tujuan dari sosialisasi politik adalah  suatu pewarisan pengetahuan, nilai-nilai dan pandangan-pandangan politik dari orang tua, guru dan sarana-sarana sosialisasi lainnya kepada warga negara baru dan mereka yang baru menginjak dewasa.

  • Untuk memperluas pemahaman dan penghayatan serta wawasan terhadap masalah-masalah politk yang berkembang.
  • Mampu meningkatkan kualitas diri dalam berpolitik sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.
  • Dapat meningkatkan kualitas kesadaran politik rakyat menuju peran aktif dan partisipasinya terhadap pembangunan politik bangsa secara keseluruhan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *