Skandal Korupsi Bansos Yang Dilakukan Oleh Mensos

Skandal Korupsi Bansos

Skandal Korupsi Bansos – Indonesia memang dikenal dengan negara korupsi terbesar. Belum selesainya kasus korupsi yang dilakukan oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Eddhy Prabowo , malah sekarang ada kasus korupsi baru yang dilakukan oleh Menteri Sosial Juliari Batubara.

Skandal Korupsi Bansos

Skandal Korupsi Bansos

Yap , Juliari diketahui melakukan korupsi pada dana bansos beberapa saat yang lalu. KPK menduga adanya aliran dana untuk menteri dari vendor pemasok barang bansos.

Tentu kabar ini mengecewakan warga. Kondisi warga di masa pandemi saat ini yang sedang kesulitan untuk mencari nafkah dan juga makan , tega – teganya Mensos mengambil sebagian dana bansos bagi para korban .

Hal ini memang sudah dicurigai dari awal pandemi terjadi di Indonesia. Beberapa warga mengaku tidak mendapatkan slot 777 online bansos dari pemerintah. Padahal mereka sudah mengajukan permohonan memperoleh bansos dari RT setempat, namun dijawab kalau bantuan terbatas dan tidak menerima data tambahan.

Beberapa lembaga seperti Lembaga Bantuan Hukum , Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Urban Poor Consortium, Rujak Center for Urban Studies dan masih banyak lainnya mengaku banyaknya laporan masuk mengenai 3 hal yaitu pemenuhan hak atas hunian layak, hak atas air dan distribusi bansos.

Alasan dari pejabat di tingkat pusat sampai daerah mengatakan hal yang sama yaitu pandemi yang baru. Pandemi yang baru membuat mereka kesulitan untuk mendapatkan data secara menyeluruh dari para warganya untuk memberikan bansos.

Skandal Korupsi Bansos

Mungkin alasan tersebut masih bisa diterima saat memasuki 1 hingga 2 bulan masa pandemi. Namun saat ini yang sudah memasuki 9 bulan masa pandemi , kenapa masih ada kesalahan data tersebut ?

Kasus ini seharusnya menjadi pukulan telak untuk pemerintah untuk lebih memperbaiki dana bansos untuk para warganya. Jika tidak adanya perubahan radikal dalam hal tersebut , kasus korupsi masih sangat berpotensi terulang kembali di masa yang akan datang.

Tidak hanya pemerintah , warga pun juga harus melakukan sesuatu untuk hal yang satu ini. Sebisa mungkin melaporkan jika tidak menerima dana bansos ataupun adanya tindak praktik kecurangan.

Sembilan bulan pandemik di Indonesia, 576 ribu kasus, 17.740 meninggal dunia, 475 ribu sembuh. Kemiskinan diperkirakan naik 3,02 hingga 5,71 juta orang, pengangguran meningkat 4,03 hingga 5.23 juta orang. Ekonomi Indonesia resesi.

Kita harapkan kasus ini bisa diselesaikan sebaik dan secepat mungkin dan tidak akan terjadi lagi di masa yang akan datang. Kami juga berharap koruptor bisa dihukum secara adil tanpa membedakan jabatan sehingga akan membuat resah koruptor koruptor lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *