Irlandia Dengan Sistem Politiknya

Irlandia Dengan Sistem Politiknya

Indonesia bukan lah satu satunya negara Republik di dunia, negara lain yang memiliki pemilihan Presiden adalah Irlandia. Republik Irlandia ini memeluk pemerintahan dengan system demokrasi parlementer, dimana pemilihan presiden juga terjadi di negara ini.

Di Indonesia mungkin masa jabatan yang berlaku adalah 5 tahun, namun di Irlandia masa jabatan yang berlangsung mencapai 7 tahun. Presiden yang pernah memerintah di negara yang pernah di jajah Inggris ini bisa dipilih kembali sekali saja. Bentuk pemerintahan Republik ini berlaku pada tahun 1948, hanya berbeda 3 tahun ya dari kemerdekaan dan penetapan Republik Indonesia?

 Sistem Politiknya Irlandia

Irlandia Dengan Sistem Politiknya

Sebelum menjadi Republik Irlandia sudah mengalami 3 kali perubahan pemerintahan dibeberapa tahun sebelumnya yaitu Konstitusi Tahun 1919 dimana Irlandia masih dalam masa penjajahan Inggris. Kemudian di tahun 1992 saat Irlandia merdeka, dan perubahan terakhir terjadi pada tahun 1937. Sampai akhirnya 1948 di sah-kan nya negara Irlandia sebagai negara Republik dengan Undang – Undang Bunreacht na hÉirann yang berisi:

  1. Negara Irlandia sebuah Republik berdaulat yang dipimpin oleh seorang kepala Negara yang dipilih oleh rakyat namun tidak memiliki kekuasaan eksekutif;
  2. Irlandia adalah negara berbentuk kesatuan dengan parlemen yang merupakan lembaga pembuat Undang – Undang tertinggi tetapi tetap mematuhi Konsititusi;
  3. Memiliki asas pemisah kekuasaan atas eksekutif, legislatif, dan yudikatif;
  4. Bikameral System, yang terdiri dari Oireachtas (Majelis Tinggi Seanad Eireann, dan Dail Eireann) bersama dengan Presiden;
  5. Pemerintah bertugas menjalankan eksekutif berdasarkan konstitusi dan hukum;
  6. Peradilan Independen yang menjalankan kekuasaan peradilan, dilengkapi Mahkamah Agung.

Oireachtas adalah Parlemen Irlandia yang terdiri dari 2 kedudukan yaitu:

Irlandia Dengan Sistem Politiknya

  • House of Representatives atau yang disebut dengan Dail Eireann memegang kekuasaan politik seperti membuat legislasi. Dengan anggota sebanyak 166 orang yang terpilih saat Pemilu dan memiliki masa jabatan 5 tahun untuk mewakili 41 daerah konstituensi. Anggota ini disebut sebagai Teachtai Dala (TD)
  • Senate atau Seanad Eirann adalah pembuat Undang – Undang dan Perubahan Undang – Undang, dengan anggota sebanyak 60 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *